Rabu, 10 Juni 2015

MEMELIHARA IGUANA

Iguana ialah sejenis kadal yang hidup di daerah tropis di Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Ada 2 spesies yang berbeda dari jenis kadal ini: iguana hijau dan iguana Antilles Kecil. Iguana memiliki penglihatan yang baik dan bisa melihat bentuk, bayangan, warna, dan gerakan pada jarak yang jauh. Iguana menggunakan matanya untuk mengarahkannya mengarungi hutan lebat, untuk menemukan makanan. Mereka juga menggunakan matanya untuk berkomunikasi dengan anggota spesies yang sama. Mereka merespon rangsangan visual berupa warna seperti jingga, kuning, merah muda, dan biru yang terdapat pada substansi makanan mereka.

Binatang ini berasal dari Amerika bagian Tengah dan America selatan Yang masuk Indonesia adalah. Iguana yang diimport dari Columbus, El Salvador, Hoduras, Peru, Mexico dan Suriname. Ukuran Iguana dewasa bisa mencapai 1.8 m, sedangkan umurnya bisa mencapai usia 20 tahun apabila di pelihara dengan baik.

Banyak orang yang berpikir bahwa memelihara Iguana adalah mudah, tapi sebetulnya itu adalah hal yang keliru. Iguana memerlukan penanganan yang serius yang biasanya diluar dari kemampuan pemula. Hal ini disebabkan kurangnya informasi dan pengetahuan yang menyebabkan Iguana mati sebelum dewasa. Dalam memelihara Iguana harus memperhatikan kandang dan makanan.


PENAMPILAN IGUANA
Penampilan umum Iguana adalah seperti kadal. Iguana memiliki lima jari di tiap kakinya dan memiliki jengger. Semua jenis Iguana memiliki duri yang berada di sepajang punggungnya. Berbeda dengan yang diketahui masyrakat bahwa warna iguana adalah hijau. Memang semua juvenil mempunyai warna hijau, tapi setelah mereka dewasa,warna tubuhnya berubah menjadi coklat cenderung oranye dengan garis pada ekornya.

KANDANG
Kandang sebaiknya berukuran panjang antara 2,5m sampai 3.6m, lebarnya antara 1.2 m sampai 1.5m dan tingginya 1.8 m. Tempat minum harus disediakan di dalam kandang. Sediakan ranting atau pohon untuk memanjat di dalam kandang. Temperature: Iguanas berasal dari tempat yang bersuhu tropic dan perlu tempat yang hangat, Suhu yang baik untuk Iguana antara 26C - 29C, sedangkan tempat berjemur setidaknya bersuhu 32C-35 C.

Kelembaban yang disukai adalah 65 % - 75 % . Semprot Iguana dengan air sehari dua kali untuk mempertahankan kelembaban. Ada baiknya di dalam kandang di pasang Thermometer untuk memantau keadaan suhu kandang. Selain itu yang harus diperhatikan adalah pencahayaan matahari. Sinar UV untuk menjaga metabolis dan pertumbuhan tulang pada Iguana. Tanpa sinar uv Iguana akan mudah sakit dan bisa menyebabkan kematian.

Untuk Alas kandang gunakan kertas koran atau kertas bekas, bisa juga di gunakan sejenis carpet karet. Iguanas sering kali menggunakan lidahnya untuk mengidentasi suatu benda maka alas yang berbahan dari serutan kayu tidak bisa digunakan karena akan menyebabkan tertelannya benda yang ada.

Jagalah kandang selalu bersih. Alas dan kandang bisa dibersihkan dengan pemutih dicampur air sebanyak 5 %, setelah itu disiram dengan air bersih agar sisa pemutihnya hilang, dan tidak meracuni Iguana. Selalu cuci tangan sebelum dan setelah memegang iguana.


MAKANAN
Iguana adalah binatang pemakan tumbuhan. Sebaiknya berikan makanan dari bahan yang terbuat dari tumbuhan yang terdiri dari 40 - 45 % hijau - hijauan (collard,turnip, mustard, dandelion, escalore dan Cress) , Kemudian 40-45% adalah Sayuran (green bean, butternut, kabocha, snap dan atau peas, pasnip, asparagus, okra, alfalfa (yang matang bukan tunas ), onions, mushrooms, bell peppers, sweet potato, zucchini, yellow squash dan carrot ). 5-10 % adalah (Blackberris, strawberri, raspberri, grapes, manggo, melon, papaya, banana dan apel.) Tidak dianjurkan memberi makanan dari tanaman liar karena bisa menyebabkan iguana terkena penyakit. (diolah dari berbagai sumber) (rudy dewanto / foto : istimewa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar