Rabu, 10 Juni 2015

6 manfaat menakjubkan dari memelihara hewan



Selama 20 tahun terakhir, penelitian tentang interaksi manusia dan hewan telah muncul, yang membuktikan bahwa orang yang memiliki hewan peliharaan lebih bahagia dan sehat. Mereka mengunjungi dokter lebih sering, lebih gembira, dan merasa lebih aman daripada orang yang tidak memiliki hewan peliharaan. Bagi Agan yang belum memelihara hewan, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Agan peroleh jika memiliki hewan peliharaan, seperti dilansir situs merdeka.


1. Mood booster (peningkat suasana hati)



Melakukan kegiatan bersama hewan peliharaan dapat meningkatkan suasana hati, dengan cara meningkatkan kadar hormon serotonin dan dopamin. Dua hormon ini dapat memberi Agan rasa aman dan senang. Terlebih lagi, kontak dengan hewan juga dapat meningkatkan tingkat oksitosin, hormon pemberi rasa senang.

2. Aktif olahraga



Pemilik hewan peliharaan, baik itu anjing atau kucing, yang rutin berjalan-jalan bersama peliharaan mereka akan menjadi lebih aktif dan memiliki berat badan yang stabil dibandingkan mereka yang tidak memiliki peliharaan. Pemilik hewan peliharaan juga menjadi lebih aktif secara fisik karena terus bermain dengan peliharaannya.

3. Hubungan sosial



Dengan memiliki hewan peliharaan, Agan bisa membangun hubungan sosial yang baik dengan orang lain yang memiliki hobi yang sama. Tanpa Agan sadari, Agan telah memperluas jaringan sosial Agan.

4. Pembunuh rasa sakit



Terapi yang dibantu hewan dapat memulihkan kesehatan seseorang dengan lebih cepat. Orang-orang yang menggunakan terapi hewan peliharaan setelah pulih dari operasi mengonsumsi kurang dari setengah dosis obat penghilang rasa sakit daripada mereka yang tidak melakukan terapi tersebut, menurut sebuah studi dari Universitas Loyola.

5. Penyembuh sakit jantung



Hewan dapat mengurangi risiko Agan terkena penyakit jantung dan serangan jantung dengan menurunkan tekanan darah sistolik, kolesterol plasma, dan trigliserida. Dan orang-orang yang memelihara hewan dan menderita serangan jantung memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk bertahan hidup dibanding mereka yang tidak.

6. Terapis untuk anak



Interaksi hewan sangat bermanfaat bagi perkembangan anak, terutama bagi anak autis. Merawat hewan peliharaan dapat mendorong anak-anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder untuk memusatkan perhatian mereka, dan mengajarkan mereka untuk peduli pada orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar