Minggu, 07 Juni 2015

Hewan-hewan unik yang bisa di pelihara

Tupai / Bajing
       Tupai dan Bajing itu beda loh. Kalau tupai bukan hewan pengerat, makanannya pun cenderung serangga. Tupai juga memiliki moncong yang lebih panjang. Sedangkan Bajing termasuk hewan pengerat sama seperti tikus dan hamster, makanan bajing lebih ke buah-buahan. Jika kita mau hewan peliharaan yang muter-muter di badan kita, tupai dan bajing adalah pilihan yang tepat. Selain lincah, mengurusnya pun sangat mudah, makan-nya pun tidak berjadwal. Harganya yang relatif murah sekitar 50rb-175rb. Contoh yang banyak dipelihara adalah Tupai Kekes, Bajing Kelapa, dan Tupai Terbang. Tetapi ada jenis tertentu seperti Walangkopo dan Bajing albino yang mencapai jutaan.

For Tupai Kekes dan Tupai Terbang





For Bajing Kelapa


For Walangkopo dan Bajing Albino




2.Chincilla
       Terasa asing bukan? Tapi ini adalah hewan peliharaan populer di Amerika. Dengan ciri-ciri gemuk, rambutnya yang halus, matanya yang lebar membuat Chincilla terlihat lucu. Habitat aslinya adalah di Pegunungan Andes. Jadi Chincilla belum terbiasa dengan hawa panas seperti Indonesia. Merawatnya pun terbilang susah, dari makanannya saja Chincilla harus dibatasi makanan yang berair, karena Chincilla hanya terbiasa dengan makanan berserat dan rendah air. Suhu ruangan pun harus tetap dingin, bisa jadi AC harus selalu menyala, karena kalau tidak Chincilla akan mati kepanasan. Harganya pun relatif mahal. So? Cocok dengan hewan ini?

For Chincilla




3. Fennec Fox
     Nah loh apa lagi? Fennec Fox adalah sejenis rubah yang habitat aslinya tinggal di Gurun Sahara. Telinganya yang besar menjadi ciri khasnya. Warna mereka berwarna coklat kekuning-kuningan seperti pasir berguna untuk berkamuflase di Gurun Sahara. Telinganya yang lebar juga memiliki pendengaran yang tajam, bisa mendengar sampai 20 mil dan mendengar binatang kecil yang berada di bawah tanah dengan kedalaman 10 kaki. Fennec Fox adalah Omnivora, jadi mudah untuk menemukan makanannya. Harganya mulai dari 15jt - 90jt. Mau beli? :v

For Fennec Fox





4. Otter
     Tau Otter? Ya berang-berang! Berang-berang atau Linsang juga ternyata sudah banyak dipelihara. Berang-berang termasuk hewan akuatik atau pemakan ikan. Berang-berang masih 1 keluarga dengan Sigung. Perawatannya bisa dibilang mudah, makanannya cukup dengan potongan ikan 2x sehari, tetapi kita harus punya kolam untuk si Otter berenang. Otter juga adalah hewan yang sangat sosialis, dia bisa menangis dengan cara menjerit ketika tidak ada teman atau terancam. Habitat aslinya ada di seluruh dunia kecuali Australia dan Oceania. Otter baru bisa melihat sekitar umur 3-4 bulan. Jadi Otter yang masih Baby belum pada melek. Harganya juga ga seperti 2 hewan tadi. Harga Baby Otter sekitar 400rb-500rb. Harga dewasanya sekitar 700rb up

For Otter





5. Musang
     Musang juga sudah banyak dipelihara, Musang Pandan, Musang Bulan, Musang Rase adalah yang sudah banyak dipelihara. Hewan ini juga terlihat kalem dan cool atau ga banyak gerak. Dia juga hewan yang jago manjat. Yang paling terkenal adalah musang luwak yang untuk membuat kopi luwak. Di habitatnya, musang memiliki cara unik untuk berlindung dari predatornya. Yaitu dengan cara berpura-pura mati, setelah si predator pergi, dia akan mencari tempat yang aman. Harganya relatif terjangkau, untuk musang pandan sendiri bisa mencapai 300rb-400rb.

For Musang Pandan, Bulan, dan Rase






6. Landak Mini
     Landak mini bisa kita lihat seperti tokoh kartun landak berwarna biru, Sonic. Apa ada yang bilang "Entar nusuk ke kulit cucuknya." itu salah besar, yang kita bicarakan adalah Landak Mini bukan Landak Purcopine. Bulu landak mini terbuat dari rambutnya yang mengeras, jadi ga akan menusuk. Tampilannya yang gemuk dan imut membuat orang-orang menjadi suka dengan Landak Mini. Kalo kita lepas di lantai, dia akan lari-lari untuk mengajak kita bermain. Kendalanya adalah baunya, ya usahakan kandangnya tetap bersih, kalau tidak bau kotorannya akan sangat menyengat. Landak Mini juga si pemanjat dan perenang yang handal. Jenis yang sering dipelihara antara lain Albino dan Brown. Jenis Platinum disebut-sebut sebagai Landak Mini termahal karena langka. Harganya pun tergantung jenisnya, bisa mencapai 200rb - 1,2jt untuk 1 ekor.

For Landak Mini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar