Jumat, 01 Mei 2015

Mengenal macam macam iguana

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana memelihara hewan eksotis ini lebih lanjut, ada baiknya mari kita mengulas sedikit seluk beluk reptile hijau ini.
Hukumnya wajib bagi penggemar iguana buat mempelajari lebih lanjut tentang asal muasal hewan ini, Norma –kebiasaan dan pola makannnya. Semata-mata agar nanti dapat merawat dengan benar, serta tak ada kesalahan ketika memeliharanya.
Iguana nan nama latinnya iguana iguana ini ialah homogen kadal darat nan berasal dari Amerika Selatan, Brazil, Venezuela, dan Amerika Tengah. Reptil ini juga ada di kepulauan Karibia.
Ciri –ciri iguana antara lain, tubuhnya berwarna hijau muda, pada bagian bawah kepala terdapat gelambir, memanjang hingga pangkal leher. Pada bagikan punggung ditumbuhi semacam duri lunak memanjang dari kepala hingga ekor. Seperti reptile lainnya iguana tidak memiliki gigi, maka dari itu dia hanya memakan vegitasi saja. Pada ekornya terdapat garis belang-belang hitam.
Kulitnya nan berwarna hijau merupakan alat kamuflase buat menyembunyikan diri dari agresi predator. Sedangkan senjata andalannya ialah sabetan pada ekornya nan dapat melumpuhkan musuhnya.
Panjang tubuh iguana dewasa dapat mencapai 1, 8 meter, dengan berat badan sekitar 8 kg. Umur reptile ini cukup panjang, dapat mencapai 15 tahun, asalkan jika dipelihara dengan baik. Sedangkan masa produktif antara umur 1 tahun hingga 5 tahun.
Habitatnya lebih banyak di daratan, padang rumput dan pohon-pohon rindang. Kadal ini tergolong hewan herbivora, pemakanan tumbuhan-tumbuhan dan buah-buahan. Di alam liar dia menyukai dedaunan segar, bunga sepatu, rumput. Sedangkan ketika dia dipelihara, hewan ini diberi pakan sayuran dan bunga sepatu.



Karakter dan sifat

Karakter hewan ini ialah soliter, kemana-mana selalu sendirian, tapi ketika musim kawin indukan jantan bergerak mencari pasangannnya. Kita musim kawin,sang jantan menggerakan kepalanya sambil memamerkan jenggernya. Aktifitas lebih banyak dilakukan di siang hari.
Reptil ini menyukai tempat-tempat kering, walaupun hewan ini perenang ulung, tapi lebih suka menghindari air, dan loka -tempat lembab. Dia getol berjemur di pagi hari, hingga berjam-jam.


Macam-macam iguana
Di habitat aslinya ada sejumlah iguana nan dikenal, antara lain :
Iguna Hijau, nan populer di budidayakan buat pelihara. Kemudian ada juga iguana kuning, nan berasal dari Venezuela. Kemudian ada nan jenis albino, nan sekujur tubuhnya berwarna putih kekuningan. Jenis ini sangat langka dipasaran dan tentu kalau ada harganya mahal.
Sedangkan jenis nan paling dicari ialah nan berwarna biru. Reptil nan rona badannya biru muda ini harganya relative mahal.
Jenis lain nan sulit dipelihara ialah iguna bahari dan iguana gurun, populasinya ada terbetas dan sulit beradaptasi ketika dipelihara oleh manusia.
Dari semua jenis reptile eksotik ini kebanyak nan dipelihara ialah iguana hijau.


Iguana hewan peliharaan
Kalau di alam bebas, iguana lebih banyak hayati di pepohonan (arbicole) dan selalu hayati di dekat air. Tapi, iguana juga dapat dipelihara di dalam kandang. Hewan ini masuk ke Indonesia dan diperkenalkan di masyarakat, pada awal 1990an.


Reptil ini diimpor langsung dari Brazil, dan Thailand, dan diperjual belikan di Indonesia. Kehadiran reptile ini mendapat sambutan positif di kalangan pencinta reptile eksotis. Selain itu iklim Indonesia relative cocok buat tumbuh kembangnya hewan ini, sehingga mudah dibudidayakan.
Pelan-pelan, ada nan mencoba membudidayakan, dan berhasil. Sehingga sekarang ini tidak perlu lagi mengandalkan pasokan anakan dari luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar